Sakit Kepala, Cenat-cenut Bikin Stres!

Sakit kepala adalah sakit yang tidak kenal musim dan boleh dikatakan ada di semua zaman. Tidak peduli zaman purbakala atau zaman rekayasa genetika, hingga zaman robot antariksa. Semua orang, siapapun itu, tidak tua, tidak muda, tidak kaya atau miskin, sekurang-kurangnya pernah mengalami sakit kepala. Mengapa sakit kepala dapat menyerang siapa saja? Lalu bagaimana dengan stres?


Stres membuat kepala sakit dan sakit kepala dapat membuat stres. Jadi, antara sakit kepala dengan kepala sakit, itu serupa tetapi tidak sama. Antara keduanya bisa berhubungan, bisa tidak. Sebab, ada juga orang tertentu yang tidak sakit kepala meskipun ia sedang stres. Sebaliknya pun demikian. 


Sakit kepala bisa disebabkan karena banyak hal dan bisa pula menimbulkan efek macam-macam, mulai dari marah-marah kepala mau pecah, sampai ingin menjerit menahan rasa sakit, mual disertai pusing-pening, kepala botak lantaran rambut rontok, ubanan dan lain sebagainya. Terkadang ada sakit kepala yang tidak tertahankan. Sampai-sampai si penderita merasa tersiksa.


Anda pernah melihat ada orang yang keningnya ditempeli koyo. Nah, itu tandanya, orang tersebut tengah pening, sakit kepala, cenat-cenut. Bagaimana dengan penyebab sakit kepala? Bisa karena stres, sedang sakit gigi atau terserang penyakit yang lain, banyak utang, tekanan pikiran dan emosi yang sedang labil, demam tinggi, hasrat biologis tidak tersalurkan dengan tepat, masalah yang datang bertubi tak kunjung ada jalan keluar, pola tidur tidak teratur, depresi, sinar mentari panas, kelelahan.


Penyebab sakit kepala bagi masing-masing orang berbeda. Misalkan dari hal yang sepele saja kelihatannya. Bagi pribadi yang satu, cinta adalah hal lazim. Putus-nyambung, cari lagi, dan tidak terlalu pusing soal cinta. Sementara itu, bagi pribadi yang lain, cinta adalah hal berat, dan itu bisa membuatnya sakit kepala lantaran rindu tidak berjumpa dengan orang yang didamba.


Anda tahu kan? Semua penyakit ada obatnya, termasuk sakit kepala. Kalau sakit karena cinta, itu tidak ada obatnya, kecuali dengan pertemuan.


Obat sakit kepala yang beredar luas di pasaran dan dijual bebas di apotek banyak sekali jenisnya. Jadi, sebaiknya Anda hati-hati. Sebab, setiap obat memiliki dosis masing-masing. Tidak semua orang cocok dengan obat sakit kepala jenis tertentu. Salah-salah Anda mengonsumsi obat yang tidak cocok, sesuatu yang fatal bisa terjadi.


Jika dalam 3 hari, setelah minum obat. Anda masih sakit kepala dan tidak kunjung reda. Hubungi dokter terdekat sebelum sakitnya semakin menjadi. Berikut ini adalah daftar obat sakit kepala.

Analsik kapletAspirin bayer tabletCetalgin-kapletCornalgin kapletFalgin kapletForagin kapletNew stona KapsulPanadol kapletPanadol extra tabletParamex tabletPragesol ampulDecolgenBiogesic

Oleh karena itu, sakit kepala memiliki efek yang berbeda-beda pada setiap orang. Maka dari itu, penanganannya pun berbeda. Misalkan ada yang sakit kepala migrain [migren], biasanya disebut sakit kepala sebelah. Menurut penelitian, perempuan memang lebih sering mengalami migrain ketimbang laki-laki.


Perempuan mengalami migrain jika menjelang menstruasi. Lucunya, perempuan bila sedang menstruasi, kepalanya puyeng, tidak mau makan obat. Inginnya makan bakso yang pedas. Hal seperti ini kaum pria tidak mengetahuinya dan menganggap keinginan perempuan tidak masuk akal. Sakit kepala lainnya adalah ketika melahirkan anak.


Sakit kepala seperti halnya sakit pada umumnya. Sedikit-banyak memerlukan tindakan medis. Oleh karena itu, ayo sejak dini kita kenali apa saja yang dapat menyebabkan sakit kepala? Berikut ini penjelasannya.

Sakit kepala berhubungan dengan gangguan mata, hidung, tenggorokan, gigi, dan telinga.Sakit kepala disebabkan berkurangnya oksigen ke otak.Para ahli kesehatan memiliki pendapat, bahwa salah satu alasan yang cukup umum menjadi penyebab datangnya sakit di kepala adalah berubahnya pola makan secara tiba-tiba, biasanya dilakukan oleh orang yang tengah diet (beralih ke diet kalori sangat rendah).Sakit kepala disebabkan diet nasi-tanpa makan nasi. Bahan bakar otak adalah karbohidrat. Oleh karenanya, tidak heran ada orang yang telat makan dan ia menjadi pusing dan sakit kepala.Sakit kepala disebabkan kurangnya asupan air mineral.Sakit kepala secara medis sebenarnya, tyramine (asam amino) sebagai penyebab sakit kepala. Tyramine didapatkan pada jenis makanan tertentu yang mengurangi kadar serotonin di otak. Kemudian menyebabkan pembuluh darah menjadi lebar. Makanya, kalau Anda lagi sakit kepala rasanya kepala Anda menjadi besar seakan mau pecah.Sakit kepala disertai mual. Biasanya orang menyebutnya, kurang darah. Dari jongkok kemudian berdiri. Atau ketika dari luar keadan sedang panas terik. Lalu masuk ke rumah. Rasanya rumah itu gelap sekali padahal siang hari.Sakit kepala merupakan indikator ada penyakit lain seperti gangguan sistem pencernaan, sinus, gigi sakit, atau karena kaca-mata yang perlu diganti ukuran plus-minusnya sering sakit kepala yang disertai mual.Vertigo. Sakit kepala ketika bangkit dari duduk, mual, pusing. Bisa juga ketika bangun dari tidur.Sakit kepala dikarenakan pencernaan-maag, perasaan mual, asam lambung, lambung terasa penuh, sebah, masuk angin.Sakit kepala disebabkan perubahan suhu drastis-cuaca ekstrem, dari panas ke dingin atau sebaliknya. Apabila Anda seharian panas-panasan di luar. Datang ke rumah dan langsung minum es, Anda bisa sakit kepala. Ingat, ini kasuistik, tidak semua orang mengalaminya.Sakit kepala karena kurang darah [anemia], kasusnya mirip vertigo. Orang yang anemia umumnya kurang makan makanan yang mengandung zat besi, kurang makan buah-buahan.Sakit kepala karena keletihan-kelelahan. Biasanya disertai mual karena terlalu menggunakan tenaga di luar batas normal. (forsir tenaga).Sakit kepala lantaran mencium bau-bauan tertentu.

Menurut ilmu kedokteran, rasa sakit kepala bisa dirasakan pada kepala, kulit, otot, pembuluh darah, sinus, gigi, dan wajah. Berikut ini adalah macam-macam penyebab sakit kepala menurut medis antara lain:

Vaskular, penyebab migrain. Pembesaran pembuluh darah di dalam kepala. Migrain parah dengan rasa berdenyut pada satu atau dua sisi kepala. Bisa menyebabkan mual, muntah, peka cahaya atau suara.Cluster, sakit kepala yang terjadi di belakang mata-pelipis.Myogenik, sakit kepala jenis ini terjadi ketika Anda sedang bekerja, otot leher, dan pundak terasa tegang dan kaku.Peradangan, sakit kepala dikarenakan sinus, alergi.

Masing-masing orang bebas memercayai metode pengobatan apa yang paling cocok dengan dirinya, jika ia sedang mengalami dan menderita sakit kepala. Berikut ini  berbagai metode terapi:

Akupuntur, menusukkan jarum pada titik syaraf tertentu. Membantu relaksasi otot dan mengurangi nyeri pada kepala.

Sakit kepala ada yang sembuh dengan beragam cara, seperti cukup dengan dipijat, cukup dengan makan makanan yang pedas-berkuah, jalan-jalan, bahkan refreshing atau shopping, namun ada pula yang harus minum obat. Jadi, Anda tergolong yang manakah? Kenali sejak dini. Begitu sakit kepala datang, Anda tidak lagi terkejut, cenat-cenut!



Peliculas Online

Title Post: Sakit Kepala, Cenat-cenut Bikin Stres!
Rating: 100% based on 999998 ratings. 98 user reviews.
Author: Dede Purnama

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...