Waktu yang Tepat si Kecil Pegang Makanan Sendiri

Pada usia tertentu bayi sudah diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan padat, salah satunya adalah makanan yang bisa dipegang sendiri oleh si kecil atau disebut dengan finger food. Kapan bayi boleh diberikan finger food?

Saat awal bayi diberikan makanan pendamping ASI (MP-ASI) maka makanan yang diberikan adalah bubur susu yang nantinya secara bertahap ke bubur kasar hingga menjadi nasi. Pada usia tertentu saat bayi sudah bisa memegang sesuatu, maka mulai diberikan finger food.

Dikutip dari Kidshealth, Selasa (24/8/2010) saat bayi berusia 9 bulan, si kecil sudah bisa memegang sesuatu sehingga ia mulai bisa makan dan memegang makanannya sendiri. Saat itulah bayi sudah bisa diberikan finger food seperti potongan buah.

Pada usia tersebut bayi sudah mengembangkan keterampilan motorik halusnya, sehingga memiliki kemampuan untuk membuat gerakan kecil yang tepat seperti memegang potongan kecil makanan dan makan sendiri. Bayi akan memegang makanan antara jari telunjuk dan juga jempolnya dengan cara menjepit. Cara makan ini juga sekaligus mengembangkan kemampuan motorik serta kemandirian bagi bayi.

Orangtua bisa memotong makanan menjadi kecil-kecil yang cukup untuk dipegang oleh bayi. Ukuran dari makanan ini akan bervariasi tergantung pada tekstur makanan, misalnya potongan ayam harus lebih kecil dari sepotong semangka. Karena semangka akan lebih mudah dihancurkan oleh gusi dibandingkan dengan ayam.

Bayi biasanya akan semangat untuk mencoba hal-hal baru, tapi jika si kecil tidak mau makan sebaiknya jangan langsung menyerah atau memaksa karena anak-anak secara alamiah lambat menerima rasa dan teksur baru. Sehingga dibutuhkan waktu agar bayi bisa menerima dan menyukai makanan baru.

Proses pengenalan finger food bisa menjadi hal yang menyenangkan dan bermanfaat bagi bayi. Untuk menghindari bayi tersedak makanan yang dikonsumsinya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh orangtua dalam memberikan finger food, seperti jangan memberikan potongan sayuran mentah atau buah yang keras serta menghindari pemberian anggur utuh atau tomat ceri.

Namun orangtua sebaiknya tidak terlalu terburu-buru ingin memberikan segala jenis makanan, karena orangtua juga harus mengetahui makanan apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh bayi sesuai dengan usianya, hal ini untuk mencegah terjadinya gangguan pada sistem pencernaannya.

http://dede-health.blogspot.com

Title Post: Waktu yang Tepat si Kecil Pegang Makanan Sendiri
Rating: 100% based on 999998 ratings. 98 user reviews.
Author: Borneo08

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...