Serak dan Gejala Radang Tenggorokan

Banyak orang yang sesekali terserang serak atau sakit dan perih akibat radang tenggorokan. Biasanya radang tenggorokan tersebut disebabkan suatu infeksi atau iritasi setempat. Gejala radang tenggorokan hampir selalu hilang sendiri dalam beberapa hari. Faktor makanan yang pedas atau berminyak juga sangat berperan membuat tenggorokan kita terasa sakit.

Penyebab Serak

Serak atau hilang suara dapat pula disebabkan oleh laryngtis, radang dan pembengkakan pita suara yang mengganggu kemampuan-getarnya yang normal dalam menghasilkan suara. Berbagai kemungkinan penyebab tersembunyi dalam hal peradangan ini. Kebanyakan bersifat ringat dan mudah diobati. Akan tetapi, kasus yang berat dan kambuhan mungkin disebabkan hal yang lebih serius dan memerlukan dokter untuk diagnosis sedini mungkin dan mendapat pengobatan.

Serak dan sakit tenggorokan dapat disebabkan oleh terlalu banyak berbicara atau pemakaian tali suara secara berlebihan. Akibatnya, kita akan mengalami inflamasi tali suara (laryngitis). Cara mengatasinya adalah dengan mengurangi intensitas berbicara dan banyak minum.

Radang tenggorokan juga dapat disebabkan oleh rokok dan minuman alkohol. Atau sedang berada di ruangan yang penuh asap. Pengobatan sendiri dapat dilakukan dengan cara menghindari rokok atau alkohol.

Waspadai Sakit Tenggorokan

Jika sakit tenggorokan disertai dengan gejala sakit kepala, batuk, dan terasa tidak enak badan dimungkinkan adanya infeksi virus. Pengobatan sendiri dapat dilakukan dengan istirahat yang cukup dan minum parasetamol untuk menghilangkan ketidaknyamanan dan meredakan demam. Apabila belum membaik juga dalam 48 jam, atau jika gejala semakin bertambah seperti muncul ruam kulit atau sesak napas, segeralah memeriksakan diri ke dokter.

Jika sakit tenggorokan tersebut disertai adanya bagian yang lembek atau bengkak di sudut rahang telinga kemungkinan ini adalah gejala gondongan. Gondongan ini disebabkan infeksi virus yang menyerang kelenjar air liur.

Jika muncul gejala merasa dingin yang tidak wajar, rambut atau kulit kering, berat badan naik tanpa makan yang berlebihan, atau kelelahan yang tak jelas penyebabnya, hal itu disebabkan oleh hypothyroidism (kurang aktifnya kelenjar tiroid), yakni suatu keluhan langka yang biasanya dialami wanita setengah baya. Jika didiagnosis hypothyroidism, dokter akan memberikan hormon tiroid sintetis. Hasilnya akan terasa dalam beberapa hari dan dalam beberapa bulan anda akan sehat kembali.

Hal yang harus diingat adalah serak atau hilang suara yang kambuhan atau berlangsung lebih dari 2 minggu bisa menandakan adanya suatu daging tumbuh di dalam kantung suara. Terutama jika usia Anda di atas 40 tahun.

Mengatasi Tenggorokan Serak

Jika sedang sakit tenggorokan, kurangi inflamasi dengan minum banyak air dingin. Berkumurlah dengan aspirin cair atau parasetamol untuk mengurangi gejala-gejala itu. Hindari merokok bila seraknya berat dan hindari makanan yang keras. Banyak tablet hisap dan obat kumur yang dijual bebas. Obat semacam itu cukup menolong dan tidak membahayakan.Beri rating untuk

Peliculas Online

Title Post: Serak dan Gejala Radang Tenggorokan
Rating: 100% based on 999998 ratings. 98 user reviews.
Author: Borneo08

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...