Penyakit Asam Urat dan Pengobatannya


Ternyata asam urat bukan penyakit yang menyerang para lansia saja, anak muda sekarang bisa jadi terkena asam urat. Hal tersebut bisa masuk akal, dengan adanya fakta bagaimana anak-anak muda sekarang banyak yang hidup dalam pola yang tidak sehat dan mengkonsumsi makanan yang serba praktis, menyukai makanan yang serba manis.


Asam urat adalah suatu metabolit hasil metabolisme penguraian pada nukleat purin yang terdapat pada inti sel makhluk hidup, baik pada hewan tumbuhan maupun manusia. Agar lebih jelas berikut paparan mengenai penyakit asam urat dan pengobatannya.


Sumber Asam Urat


Asam urat dalam tubuh manusia bisa bersumber dari luar tubuh (ekstrogen) dan bisa pula bersumber dari dalam tubuh (indrogen), yaitu akibat dari jaringan tubuh yang mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung inti sel atau akibat dari jaringan organ tubuh kita yang rusak, sehingga asam nukleat dari inti sel akan dimetabolisir menjadi asam murat. Akibatnya, kadar asam urat dalam tubuh akan meningkat.


Meningkatnya kadar asam urat akan memudahkan terjadinya pengendapan kristal-kristal pada bagian tubuh tertentu. Pengendapan kristal asam urat akan mudah terjadi apabila penderita kurang minum air putih atau kurangnya cairan dalam tubuh. Ini akan menyebabkan rasa sakit karena dapat menimbulkan peradangan.


Asam urat dapat pula terjadi karena penyakit menahun, diabetes mellitus, kanker, dan juga akibat penurunan berat badan yang terlalu berlebihan (diet yang berlebihan).


Pantangan Penderita Penyakit Asam Urat


Kadar asam urat akan meningkat apabila mengkonsumsi jenis-jenis makanan, sebagai berikut.

Bahan makanan yang banyak mengandung inti sel, seperti sayuran bagian pucuknya, kecambah, kacang-kacangan yang siap berkecambah, tempe, rebung, buah-buahan yang masih sangat muda seperti buah melinjo dan mangga muda.Makanan yang pada proses pembuatannya melalui proses penghancuran terlebih dahulu, seperti daging cincang, kaldu, jus, dan sebagainya.Makanan yang dikalengkan, seperti manisan dan ikan sarden kalengan.Makanan yang banyak mengandung fluktosa lebih dari 50g/hari, seperti pada buah-buahan manis dan yang terlalu masak.Makanan yang banyak mengandung gula (100g/hari) karena gula dapat mengakibatkan pencernaan diubah menjadi fluktosa.Terlalu banyak minum kopi dan alkohol.Terlalu banyak makan jeroan (ginjal, hati, otak dan makanan olahan kulit).Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak (lebih dari 200g/hari).

Karenanya, untuk mencegah terjadinya asam urat dan mengobati tingginya asam urat adalah dengan menghindari makanan dan minuman tersebut.


Adapun untuk menghindari terjadinya pengendapan asam urat (bagi yang sudah memiliki asam urat dengan kadar yang tinggi), harus memperbanyak minum air putih sekitar 2 - 3 liter per hari dan tidak banyak mengonsumsi makanan yang terlalu manis.


Peliculas Online

Title Post: Penyakit Asam Urat dan Pengobatannya
Rating: 100% based on 999998 ratings. 98 user reviews.
Author: Borneo08

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...