Mengenali Penyakit Kulit; Psoriasis

AppId is over the quota
AppId is over the quota

Kulit merupakan organ tubuh yang pertama kali terlihat dari manusia. Melalui kulit juga, kita dapat menilai kesehatan dan kecantikan seseorang. Ia bernilai estetika dan kesehatan. Oleh karena itu, penyakit kulit yang menyerang seseorang, secara langsung atau tidak langsung akan mengganggu kualitas hidup dan juga kepercayaan dirinya.


Psoriasis

Psoriasis merupakan nama sejenis penyakit kulit yang keberadaannya cukup serius. Gejala yang ditimbulkan oleh Psoriasis adalah, proses regenerasi kulit penderitanya yang sangat cepat. Jika pada manusia normal, proses regenerasi kulit berlangsung selama 25-28 hari, maka pada penderita Psoriasis, terjadi hanya dalam waktu 2 – 3 hari saja.

Yang menyebabkan kepercayaan diri sebagian penderita Psoriasis turun adalah penyakit itu muncul di bagian tubuh mana saja, tanpa bisa diprediksi. Jadi, kulit yang terus beregenerasi itu akan menumpuk dan terkelupas bersisik menimbulkan lesi-lesi berwarna merah.


Penyebab Psoriasis

Sampai saat ini, penyebab pasti penyakit kulit ini masih belum dapat diketahui. Tapi kelainan genetik merupakan tersangka utama penyebabnya. Penularan secara langsung dengan persentuhan kulit tidak pernah terjadi. Namun dicurigai adanya penurunan melalui genetik atau keturunan.

Pencetus kambuhnya penyakit ini bisa disebabkan oleh faktor stres, suhu ekstrem, dan juga pada beberapa penderita bertambah parah gejalanya karena makanan tertentu.


Pengobatan

Penyakit kulit yang satu ini agak sulit dihilangkan secara total, karena sifatnya dibawa dalam genetik pasien. Tapi, untuk menghilangkan rasa gatal dan parahnya penumpukan sel kulit yang nampak seperti sisik, dokter biasanya memberikan sejenis kortikosteroid, calcipotriol dan beberapa jenis salep.

Untuk penderita yang sangat parah hingga keseluruh tubuhnya, maka di beberapa rumah sakit telah menyediakan pengobatan dengan sinar ultra violet. Pasien akan disinar selama beberapa menit tanpa pakaian, dengan sebelumnya diberikan salep tertentu. Tapi biaya yang dikeluarkan untuk sekali penyinaran cukup mahal, sementara penyinaran harus dilakukan beberapa kali seminggu, sampai gejala penyakit berkurang.

Penyakit kulit memang dapat menimbulkan efek yang luas bagi kehidupan pasien, sebab kepercayaan diri acapkali terpengaruh. Dukungan dari lingkungan dan keluarga dekat sangat membantu proses kesembuhannya.   

Peliculas Online

Title Post: Mengenali Penyakit Kulit; Psoriasis
Rating: 100% based on 999998 ratings. 98 user reviews.
Author: Borneo08

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...