Penyakit pada Darah: Berbagai Macam Penyakit pada Sirkulasi Darah


Darah merupakan komponen penting dalam diri manusia. Tanpa darah, manusia tidak akan bisa menjalani kehidupannya. Terkadang, darah juga mengalami gangguang dengan munculnya penyakit pada darah. Penyakit pada darah akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan manusia.


Ilmuwan telah menemukan ada begitu banyak penyakit yang mengganggu darah manusia. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang biasanya menjangkit pada sistem siskulasi darah manusia.


1.    Penyakit Darah Genetik (Hemofilia)


Meskipun penyakit ini termasuk penyakit yang jarang ditemukan, hemofilia juga menjadi penyakit yang sangat berbahaya bagi manusia. Hemofilia merupakan penyakit darah genetik, yaitu penyakit darah yang diturunkan dari ibu kepada anaknya pada saat anak tersebut dilahirkan.


Masalah yang terjadi pada penderita hemofilia adalah pembekuan darah yang tidak normal. Darah pada orang yang menderita hemofilia tidak bisa membeku secepat dan sebanyak darah pada orang yang normal. Proses pembekuan darahnya akan membutuhkan banyak waktu.


Gangguan pendarahan biasanya terjadi di bawah kulit, seperti luka memar meskipun mendapatkan sedikit benturan. Luka memar itu juga bisa muncul sendiri jika penderita melakukan aktivitas berat. Penyakit ini akan sangat berbahaya jika penderita mengalami pendarahan di otaknya. Jiwa penderita bisa berada dalam kondisi kritis karena proses pembekuan darah di otak yang tidak normal.


2.    Ambien (Hemoroid)


Ambien atau biasanya juga disebut wasir merupakan penyakit gangguan sirkulasi darah yang terjadi pada anus. Bibir anus pada penderita ambien mengalami bengkak yang biasanya disertai pendarahan. Penderita ambien akan sangat tersiksa karena mengalami rasa sakit yang luar biasa. Selain itu, banyak penderita ambien yang memiliki beban psikis berupa rasa minder dan malu karena mengidap penyakit ini.


Penyakit ambien ini tidak boleh diremehkan. Penderitanya bisa mengalami penderitaan seumur hidup pada ambien atau wasir yang tidak ditanggulangi hingga ke akar-akarnya. Orang yang memiliki penyakit ini akan mengalami sulit duduk dan buang air besar. Anus akan terasa sangat sakit apabila mendapatkan tekanan. Untuk mengatasi wasir yang sangat parah, terkadang dilakukan operasi pengangkatan wasir.


3.    Penyakit Kurang Darah (Anemia)


Orang yang menderita gangguang darah anemia, biasanya akan mengalami sulit bekerja dan melakukan aktivitas yang berat. Penderita anemia sering mengalami kelelahan, kelemahan, kurang tenaga, dan kepala rasanya melayang. Pada penderita anemia akut, dapat mengakibatkan stroke dan serangan jantung.


Anemia secara bahasa berasal dari bahasa Yunani yang artinya “tanpa darah”. Anemia berarti kekurangan hemoglobin (Hb). Hemoglobin atau sel darah merah berfungsi untuk mengantarkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh manusia.


Penderita anemia berada dalam kondisi di mana sel darah merahnya berada di bawah normal. Ia kekurangan hemoglobin sehingga darah pun tidak bisa mengantarkan oksigen dalam jumlah yang dibutuhkan.


Faktor utama yang menyebabkan munculnya anemia adalah karena tubuh manusia yang tidak dapat membuat sel darah merah yang cukup. Bisa juga karena tubuh manusia yang kehilangan atau kerusakan pada sel tersebut. Faktor penyebab lainnya karena kurangnya zat besi, vitamin B12 atau asam folat. Adanya kerusakan pada sumsum tulang atau ginjal dan pendarahan hebat juga bisa menyebabkan terjadinya anemia.


Ada banyak lagi penyakit pada sirkulasi lainnya. Misalnya saja penyakit kuning pada bayi yang disebut dengan Eritroblastosis Foetalis. Ada juga penyakit darah yang disebut Sklerosis atau pengerasan pada pembuluh darah yang disebakan adanya penimbunan lemak dan zat kapur.

Beri rating untuk artikel di atas Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali


Peliculas Online

Title Post: Penyakit pada Darah: Berbagai Macam Penyakit pada Sirkulasi Darah
Rating: 100% based on 999998 ratings. 98 user reviews.
Author: Borneo08

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...