Sakit Gigi Bukan Masalah Sepele


Belum banyak yang tahu bahwa sakit gigi bisa jadi merupakan pertanda sakit jantung. Gigi mungkin merasa cemburu dengan anggota tubuh yang lain yang selalu diberi perhatian lebih oleh pemilik tubuh. Seringkali gigi dibiarkan berlubang tanpa tindakan serius sama sekali.


Mengunyah makanan hanya dengan menggunakan gigi-gigi bagian kiri saja atau gigi-gigi bagian kanan saja bisa membuat bentuk rahang berubah. Bentuk rahang berubah, otomatis bentuk wajah tidak simetris lagi. Memang biaya merawat gigi mahal tapi gigi tetaplah organ penting yang harus diperhatikan.


Plak


Plak gigi adalah pintu masuknya beragam bakteri jahat ke organ tubuh yang lain. Plak gigi ini jugalah yang menjadi biang kerok keropos. Keropos yang terjadi pada gigi yang seharusnya merupakan tulang terkuat ini, akan menyebabkan rasa nyeri ataupun rasa sakit.


Sebaiknya ketika terasa ngilu atau sedikit rasa sakit ketika mengunyah sesuatu ataupun tersentuh makanan manis atau makanan dingin, cepat-cepatlah periksakan ke dokter gigi. Jangan tunda terlalu lama. Bersihkan gigi dengan benang jahit saja kalau membeli dental floss terasa memberatkan.


Selah-selah gigi kadang tak tersentuh oleh sikat gigi apalagi kalau cara menyikat giginya salah. Dengan agak sering membersihkan gigi, plak gigi akan agak lambat terbentuk. Tapi tetap, harus dibersihkan minimal 6 bulan sekali. Cukup mahal memang. Di rumah sakit daerah, biayanya hampir mencapai Rp200.000. Di dokter praktek swasta, harganya bervariasi.


Di Yogyakarta di salah seorang dokter gigi yang cukup senior di pinggiran kota, biayanya hanya Rp 100.000. Tapi di Palembang, di klinik gigi Jalan Sudirman, biayanya Rp 300.000. Pelayanannya sama malah lebih nyaman dengan dokter senior yang ada di Yogyakarta.


Tambalan Lepas


Tambalan gigi lepas atau cuil sedikit juga bisa membuat sakit gigi kalau ada makanan yang masuk ke lubang gigi. Rasa sakit ini kadang seolah-olah hingga sampai ke ubun-ubun. Jangan tunda lagi, pergilah ke dokter gigi. Tapi sebaiknya kunjungilah klinik gigi yang memberikan perawatan gigi terlebih dahulu sebelum menambal dan selanjutnya mintalah tambalan yang cukup canggih.


Biayanya bisa mencapai Rp500.000 untuk satu gigi. Waktu yang dibutuhkan bisa sampai 2 minggu. Tapi hasilnya cukup memuaskan, yaitu satu gigi utuh kembali dan dijamin tambalan akan awet selama bertahun-tahun. Tambalan biasa walaupun memakai sinar, lamanya mungkin hanya beberapa bulan. Lalu harus menambal lagi. Capek, bukan?


Mahalnya perawatan gigi ini seharusnya tidak menjadi beban karena mengingat pentingnya gigi untuk kesehatan dan estetika. Jadi sisihkan anggaran khusus untuk gigi. Jangan sisihkan anggaran untuk liburan sebelum mempunyai anggaran untuk gigi. Anggap saja mengunjungi dokter gigi sebagai hadiah untuk diri sendiri.


Anak-anakpun harus dibiasakan memeriksakan giginya. Setiap liburan tiba adalah waktu ‘main-main’ ke dokter gigi sebelum pergi tamasya. Anggaplah hal ini merupakan kanang-kenangan setiap menerima rapor. Bila perlu katakan pada anak bahwa kesehatan gigi adalah modal menjadi lebih pintar dan cerdas.


Anjurkan anak untuk menyisihkan uang jajannya untuk biaya membersihkan karang gigi setiap 6 bulan sekali. Percayalah, bimbingan ini akan menjadi salah satu tinggalan Anda yang terindah bagi seorang anak.


Gigi Sensitif


Sakit gigi karena mempunyai gigi sensitif bisa diatasi dengan menggunakan pasta gigi tertentu yang bisa mengurangi rasa ngilu tersebut. Harganya agak lebih mahal dari pasta gigi biasa. Tapi kalau sakit gigi terus berlanjut, pertolongan pertama adalah dengan cara kumur-kumur dengan air garam atau oleskan minyak cengkeh ke gigi yang sakit.


Kalau minyak cengkeh tak ada, bisa menggunakan bawang putih atau bawang merah. Cukup dengan mengunyah bawang putih atau bawang merah tersebut dengan gigi yang sakit. Lalu jangan lupa berkunjung ke dokter gigi.


Peliculas Online

Title Post: Sakit Gigi Bukan Masalah Sepele
Rating: 100% based on 999998 ratings. 98 user reviews.
Author: Borneo08

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...