Vaskulitis

Wah agak aneh ni kata-katanya. hehe Vaskulitis apakah teman pernah mendengarnya atau pernah mengalaminya. Vaskulitis adalah suatu kumpulan gejala klinis dan patologis yang ditandai adanya proses inflamasi(peradangan) dan nekrosis(kematian) dinding pembuluh darah. pembuluh darah yang terkena dapat arteri atau vena dengan berbagai ukuran.

Vaskulitis baru dicurigai bila dijumpai gejala yang tidak dapat diterangkan dengan keadaan iskemia pada kelompok usia muda dan ditemukan kelainan berbagai organ, neuritis atau adanya kelainan pada kulit. Berbagai ahli mengemukakan kriteria diagnostik vaskulitis agar penyakit tersebut mudah diketahui supaya pengobatan dapat dilakukan lebih dini. Arti kata vaskulitis sendiri adalah suatu proses inflamasi pembuluh darah. Disebut vaskulitis primer bila kumpulan gejala (sindrom) yang ditemukan tidak diketahui penyebabnya dan ini merupakan kelompok terbanyak, sedang vaskulitis sekunder penyebabnya dapat diketahui, misal oleh karena infeksi, virus, tumor, penyakit kolagen dan kerusakan pembuluh darah akibat obat, bahan kimia atau radiasi.Umumnya pembagian klinis vaskulitis primer didasarkan ukuran pembuluh darah, dan pembagian ini telah diterima oleh banyak klinis.

Walaupun prevalensi vaskulitis belum banyak dilaporkan, tetapi penyakit ini dapat dijumpai seiring dengan kemajuan pemeriksaan hispatologis. Gejalanya bervariasi tergantung organ yang terlibat. Vaskulitis juga memiliki derajat yang bervariasi mulai dari penyakit yang terbatas pada kulit saja sampai kelainan sistemik yang bisa membahayakan jiwa.

Sampai saat ini penyebab penyakit ini belum di ketahui dengan jelas, namun ada beberapa yang memegang peranan yang memicu timbulnya penyakit ini, yaitu:

  • Komplek imun
  • Infeksi bakteri atau virus
  • Elergi terhadap obat atau akibat pajanan terhadap bakteri, virus dan parasit.
  • Genetik
  • Nekrosis granulomatosa

Pada sebagian besar vaskulitis terdapat bukti bahwa mekanisme terjadinya adalah melalui kompleks imun. Keadaan imunologi yang dapat menerangkan timbulnya aktivasi imunologi ditentukan oleh beberapa keadaan, yaitu jumlah antigen, kemampuan tubuh mengenai antigen, kemempuan respons imun untuk mengeliminasi antigen dan route (target organ) yang dirusak.

askulitis biasanya mengenai ekstremitas, terutama ekstrimitas bawah.

Pada pembuluh darah kecil, gejala yang paling sering yaitu purpura palpabel/bercak yang bila ditekan akan hilang, dapat juga berupa urtikaria, pustul, vesikel, petekie, atau eritema multiforme-like lesions. Pada pembuluh darah sedang, gejala livedo retikularis, ulkus, nodul subkutis dan gangrene digitalis.

Pengobatan dan terapi diberikan sesuai dengan jenis vaskulitis yang diderita.

Gejalanya bervariasi tergantung organ yang terlibat. Vaskulitis juga memiliki derajat yang bervariasi mulai dari penyakit yang terbatas pada kulit saja sampai kelainan sistemik yang bisa membahayakan jiwa.

Title Post: Vaskulitis
Rating: 100% based on 999998 ratings. 98 user reviews.
Author: Borneo08

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...