Mencegah Penyakit Tekanan Darah Tinggi

Masyarakat Indonesia secara umum sangat mengenal jenis penyakit satu ini. Penyakit tekanan darah tinggi atau populer disebut dengan istilah Hipertensi merupakan penyakit peningkatan tekanan darah yang muncul karena adanya kelainan pada jantung atau pembuluh darah.


Hipertensi


Hipertensi dapat menyebabkan sakit jantung dan stroke. Kedua penyakit tersebut berbahaya karena bisa mengakibatkan kematian mendadak bagi penderitanya. Penyakit hipertensi banyak ditemui dalam masyarakat Indonesia karena pola makan masyarakat Indonesia yang tidak sehat dan seimbang.


Banyak sekali masakan di Indonesia yang mengunakan bahan-bahan yang mengandung kolesterol jahat, misalnya lemak hewani seperti ati, empal, otak sapi, dan santan yang cenderung memicu timbulnya kolestrol jahat di dalam darah. Hal itu menyebabkan darah menjadi kental dan mengakibatkan timbulnya kelainan pada jantung dan pembuluh darah yang menyebabkan hipertensi.


Selain pola makan yang tidak sehat dan seimbang, hipertensi juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor lain antara lain: unsur genetik, usia, kurangnya olah raga, stres berat, dan konsumsi garam yang berlebihan.


Jika hipertensi ini tidak ditanggapi secara serius maka yang penyakit ini akan mulai menyerang beberapa organ penting pada bagian tubuh Anda yang lain. Misal pada bagian mata, akan menyebabkan retinopati hipertensi bahkan dapat menyebabkan kebutaan.


Selain itu hipertensi juga bisa mempengaruhi kinerja ginjal, seperti menyebabkan penyakit ginjal kronik dan gagal ginjal terminal. Gangguan fungsi ginjal dapat terjadi karena aliran nutrisi ke ginjal terganggu akibat penyempitan pembuluh darah (vasokonstriksi) yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi sehingga menyebabkan kerusakan sel-sel ginjal.


Pencengahan Hipertensi


Berikut beberapa cara mencengah hipertensi.

Diet rendah lemak dan kolesterol.Diet tinggi serat yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan membantu memperlancar metabolisme tubuh.Aktivitas fisik yang seimbang. Tekanan darah juga sangat tergantung aktivitas fisik. Tekanan darah akan lebih tinggi ketika melakukan aktivitas fisik dan cenderung lebih rendah saat beristirahat.Menjaga berat badan seimbang. Kelebihan berat badan sangat berpotensi menyebabkan hipertensi. Membatasi konsumsi alkohol dan rokok.Mengelola stres. Stres atau depresi biasanya memiliki efek negatif pada kesehatan. Oleh karena itu, manajemen stres yang baik sangat penting untuk menjaga kesehatan.

Menerapkan Pola Hidup Sehat


Dengan menerapkan gaya hidup sehat, hipertensi stage 1 (140-159 / 90-00 mmHg) bisa diatasi, bahkan bisa sembuh dalam kurun waktu satu tahun tanpa obat. Caranya adalah sebagai berikut.

Konsumsi buah dan sayur secara teratur. Dengan meningkatkan konsumsi buah dan sayuran segar dan menurunkan konsumsi makanan ber-lemak tinggi selama 8 minggu, tekanan darah mampu diturunkan sebanyak 11,4/5,5 mmHg.Batasi konsumsi garam. Dengan membatasi konsumsi garam 2,4 gram/hari, cukup efektif menurunkan tekanan darah 4,8/2,5 mmHg.Rutin berolah raga. Dengan melakukan aktivitas fisik cukup 30-45 menit setiap hari selama beberapa minggu, tekanan darah Anda akan turun hingga 13/8 mmHg.

Jadi sebenarnya tidak terlalu sulit bagi Anda untuk terhindar dari penyakit berbahaya ini, selama Anda mulai menerapkan pola hidup sehat dan seimbang setiap harinya.


Peliculas Online

Title Post: Mencegah Penyakit Tekanan Darah Tinggi
Rating: 100% based on 999998 ratings. 98 user reviews.
Author: Borneo08

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...