Pentingnya Penelitian Diabetes Mellitus


Penelitian diabetes melitus merupakan suatu hal yang sangat penting dan mendesak. Apalagi dengan munculnya fakta bahwa ternyata diabetes mellitus tidak hanya menyerang orang dewasa. Tetapi penyakit ini juga diderita anak-anak dan remaja.


Hasil penelitian diabetes melitus menemukan, bahwa penyakit ini yang sebelumnya dianggap merupakan penyakit keturunan ternyata  tidak sepenuhnya benar. Faktanya adalah penyakit diabetes mellitus dapat menyerang siapa saja dan pada usia berapa saja.


Juga tidak mengenal status  sosial dan ekonomi. Apakah si penderita dari kalangan orang berada atau mereka yang berasal dari kelas menengah dan ekonomi lemah.



Ada Dua Jenis Diabetes Mellitus


Sebenarnya penyakit diabetes mellitus dapat dibagi atas dua jenis. Yaitu diabetes mellitus tipe satu dan diabetes mellitus tipe dua. Seorang penderita diabetes melitus tipe satu atau disingkat DM 1 ini, biasanya menyerang pada usia di bawah dua puluh tahun.


Termasuk pada usia anak-anak. Gejalanya adalah turunnya berat badan tanpa sebab yang jelas, sering sekali kencing, gampang lelah dan seringkali merasakan haus dan lapar. Padahal dia baru saja makan atau minum.


Sementara diabetes melitus dua atau DM 2. Meski juga menyerang hampir semua umur mulai dari orang tua, remaja dan anak-anak. Namun gejalanya tidak begitu kentara sehingga banyak yang sulit mengenalinya. 


Penyakit ini terjadi akibat pasokan insulin yang tidak mencukupi di pankreas. Hal ini mengakibatkan munculnya gangguan pasokan glukosa ke semua sel-sel tubuh. Hampir sebagian besar kasus penyakit diabetes mellitus adalah tipe DM 2 ini.


Namun penderita DM 2 ini  tidak tergantung sepenuhnya pada input insulin dari luar tubuh. Berbeda dengan diabetes  mellitus tipe satu yang sangat membutuhkan suntikan insulin.



Penyebab Diabetes Mellitus


Hasil dari penelitian diabetes melitus juga menyebutkan bahwa perubahan gaya hidup yang berakibat pada perubahan pola makan merupakan faktor penyebab utama  terjadinya penyakit ini. Dengan bertambahnya berat badan secara berlebihan atau obesitas, membuat empat dari lima penderita diabetes mellitus adalah mereka yang mengalami obesitas. 


Pada anak-anak yang menderita obesitas, sekitar tiga puluh hingga empat puluh persen dari mereka akan mengalami masalah yang sama saat dewasa nanti. Yaitu mengalani obesitas yang memicu munculnya penyakit diabetes mellitus.



Tips agar Anak Terhindar dari Obesitas


Untuk menghindarkan anak agar jauh dari resiko terkena diabetes melitus akibat obesitas, mungkin Anda bisa mencoba beberapa tips berikut ini:

Membiasakan anak dengan pola makan teratur. Yaitu sarapan, makan siang dan makan malam.
Anak boleh makan sedikit camilan di antara jadwal makan yang tiga kali sehari tadi.
Beri input pada anak yaitu pengenalan tentang makanan yang bergizi dan beberapa jenis jajanan yang sebaiknya dihindari.
Mengajari anak untuk ikut berolahraga secara rutin.
Memberi anak bekal yang sehat untuk ke sekolah. 

Peliculas Online

Title Post: Pentingnya Penelitian Diabetes Mellitus
Rating: 100% based on 999998 ratings. 98 user reviews.
Author: Borneo08

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...