Penyakit Herpes Zooster (Cacar), Pencegahan Dan Pengobatannya

Sebenarnya, ada 2 jenis penyakit Herpes yang biasanya menjangkit manusia. Herpes Zooster dan Herpes Genital. Walau namanya hampir sama, tapi virus penyebabnya berbeda. Herpes Zooster atau Cacar merupakan akibat dari virus varicella zoster. Sedangkan yang satunya, disebabkan oleh HSV 2.


Herpes Zooster


Seperti kerja virus lainnya, virus penyebab penyakit Herpes Zooster, menyerang saat kondisi tubuh sedang turun. Sebenarnya, virus ini dapat lama ngendon dalam tubuh manusia menunggu saat yang tepat untuk menyerang. Jika kondisi tubuh manusia melemah, maka ia akan menginfeksinya.


Gejalanya adalah, rasa nyeri dan pegal yang dialami hanya di satu sisi tubuh saja. Terkadang diikuti demam dan suhu tubuh meningkat. Lalu, bagian tubuh tertentu akan terasa gatal dan timbul bintil-bintil berisi air, seperti melepuh. Walaupun gatal dan nyeri, usahakan jangan menggaruk sebab akan menimbulkan bekas yang sulit hilang.


Pengobatan


Meningkatkan kondisi tubuh dengan konsumsi makanan bergizi dapat meringankan penyakit Herpes zoster. Obat yang sering digunakan untuk meringankan gejalanya adalah Acyclovir tablet, serta salep, untuk dioleskan ke bagian tubuh yang melepuh. Meminum obat anti nyeri untuk meredam sakit persendian yang kerap menyertai Herpes Zooster juga boleh.


Obat tradisional yang konon dapat juga meringankan rasa nyeri dari kulit yang melepuh itu, yaitu dengan menggunakan daun sambung nyawa, yaitu sejenis tanaman yang sering digunakan sebagai obat tradisional maupun dikonsumsi sebagai sayur. Caranya, daun Sambung Nyawa di haluskan, lalu ditempelkan ke kulit yang melepuh dan gatal. Niscaya akan cepat kering dan sembuh. Beda dengan menggunakan salep, yang butuh waktu lama, hingga 2 minggu.


Pencegahan


Jangan dekat-dekat dengan penderita Cacar, atau Herpes, sebab sentuhan kulit dapat menularkan virus dengan cepat. Terlalu lelah dan juga kondisi tubuh yang menurun, amat mudah menyebabkan timbulnya Penyakit herpes. Makan hanya makanan yang bergizi, serta jauhi pola hidup tidak sehat.


Jangan memakai handuk yang sama dengan beberapa orang, sebab hal tersebut dapat memudahkan virus dan kuman penyakit menular. Berbagi pakaian juga jadi jalan penularan virus Herpes Zooster. Dan terakhir, sering-seringlah mencuci tangan, saat hendak makan atau setelah melakukan aktifitas.


Peliculas Online

Title Post: Penyakit Herpes Zooster (Cacar), Pencegahan Dan Pengobatannya
Rating: 100% based on 999998 ratings. 98 user reviews.
Author: Borneo08

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...