Pengertian Kemoterapi dan Kaitannya dengan Kanker

Pengertian kemoterapi sangat berkaitan erat dengan penyakit kanker. Mengapa demikian? Inilah sedikit penjelasannya. Kanker telah menjadi momok bagi masyarakat dunia. Keganasannya yang bisa menyebar dengan cepat dan bisa merenggut nyawa seseorang memang menakutkan bagi siapa pun yang mendengarnya.

Ketika mendengar kata kanker, tentulah bayangan hitungan hari menjelang kematian sudah ada di pelupuk mata, meskipun hal tersebut bukanlah suatu kepastian. Melalui perawatan dan proses penyembuhan yang benar dan teratur, penyakit kanker bisa disembuhkan bahkan secara total.

Umumnya, kanker dimulakan dengan adanya tumor, yakni massa jaringan yang tidak normal. Kecuali pada leukemia sel kanker tak berupa tumor. Tumor ganas inilah yang kemudian memiliki sifat kanker dan bisa membahayakan nyawa penderita. Banyak kasus kematian di negara-negara di dunia disebabkan oleh kanker. Itu sebabnya kanker menjadi penyakit pemicu yang cukup tinggi kematian manusia di dunia.

Seseorang yang menderita kanker, mesti menjalani proses penyembuhan, di antaranya bisa berupa operasi, kemoterapi, atau radiasi. Dalam melakukan operasi, tak boleh gegabah. Sel kanker yang tadinya tidak begitu ganas dan membutuhkan pengobatan lain, namun jika dilakukan operasi bisa berubah menjadi sangat ganas.

Seperti peribahasa yang menyebutkan seperti membangunkan singa tidur, sel kanker yang dioperasi bisa dengan cepat menyebar dan akan menjadi sulit untuk dikendalikan, untuk diobati. Penanganan melalui operasi mesti dilakukan dengan sangat teliti dan cermat setelah melakukan diagnosa yang komprehensif dan mendalam.

Pengobatan penyakit kanker lainnya yakni berupa kemoterapi atau banyak disingkat dengan kemo. Pengertian kemoterapi yaitu penggunaan obat-obatan zat kimia untuk memperlambat penyebaran atau bahkan membunuh sel kanker. Banyak orang yang menafsirkan keliru mengenai pengertian kemoterapi. Disebabkan efeknya akan memberikan rasa mual pada pasien hingga muntah-muntah juga kerontokan rambut, maka pengertian kemoterapi diidentikkan dengan perontokan rambut dan kerusakan atau kepudaran kecantikan fisik.

Radiasi merupakan penyinaran yang berfungsi untuk memperkecil atau membunuh sel kanker. Dalam proses penyembuhan melalui radiasi digunakan sinar laser untuk mematikan sel kanker. Proses radiasi memang cenderung lebih efektif dibandingkan proses operasi yang memotong langsung atau mengangkat sel kanker dengan resiko yang lebih tinggi.

Efek yang dirasakan setelah atau ketika menjalani proses kemoterapi banyak ditakuti oleh kebanyakan masyarakat, padahal efek tersebut bisa ditanggulangi kemudian setelah proses penyembuhan selesai. Efek-efek tersebut, di antaranya rasa mual dan muntah, rambut rontok, gangguan pencernaan, rasa lemas, sariawan, rasa sakit pada otot, kesemutan, penurunan jumlah sel darah, dan kekeringan pada kulit dan berubahnya warna kulit.

Itu sebabnya, penderita kanker yang melakukan proses kemoterapi harus dalam pengawasan intensif dan mendapatkan pemeriksaan darah secara berkala sebab jika sel darah menurun dan tak terkontrol bisa menimbulkan efek lain yang juga berbahaya. Efek yang ditimbulkan dari kurangnya sel darah yaitu mudah terkena infeksi, anemia, dan pendarahan.

Dalam menjalankan proses kemoterapi, penderita mesti memenuhi beberapa syarat agar proses penyembuhan melalui kemoterapi bisa berjalan dengan baik. Syarat tersebut yaitu fungsi organ berjalan dengan baik, cukupnya jumlah sel darah merah dan darah putih, tidak dalam keadaan demam, tidak menghalami perdarahan, dan dapat melakukan kegiatan sehari-hari secara sendiri tanpa tergantung pada orang lain.

Bagi penderita yang telah menjalani proses kemoterapi dan mendapat pengertian kemoterapi dengan benar maka tidak akan takut untuk menjalani kemoterapi.

Peliculas Online

Title Post: Pengertian Kemoterapi dan Kaitannya dengan Kanker
Rating: 100% based on 999998 ratings. 98 user reviews.
Author: Borneo08

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...