Khasiat Biji Gandum untuk Manusia

Posted on | September 2, 2012 | No Comments

Khasiat Biji Gandum untuk Manusia

Biji gandum atau yang biasa disebut dengan whole wheat ini berbeda dengan tepung terigu yang juga berasal dari gandum tapi biji gandum yang dimaksud merupakan gandum utuh yang digiling. Rasa dari gandum atau whole wheat ini juga gurih dan beraroma segar. Biji gandum ini terdiri dari beberapa bagian yaitu bagian kulit atau yang di namakan bran dan di dalam kulit tersebut terdapat endosperma. Bagian yang terdalam adalah lembaga atau bagian germ. Bagian yang paling banyak dimanfaatkan manusia adalah endosperma. Lembaga yang menjadi bagian terbesar dari ganduma ntara 80 sampai 85 persen mengandung karbohidrat, protein ,thiamin (vitamin B1), dan vitamin E. Bagian yang mengandung banyak khasiat biji gandum untuk manusia yaitu germ berisi nutrisi untuk biji, bran sebagai kulit pelingung luar, dan aleurone bagian lapisan sel adjacent pada lembaga.

Khasiat biji gandum untuk manusia, selain teksturnya yang padat dan lembut serta membuat kita kenyang lebih lama karena mengandung banyak serat, biji gandum juga dapat mereduksi resiko stroke hingga 25 persen. Selain itu orang yang banyak melahap biji gandum utuh memiliki berat badan ideal sehingga terhindar dari kegemukan atau obesitas. Dan hal yang menakjubkan lagi, menurut penelitian di Amerika dan Jepang menunjukkan orang berumur di atas 100 tahun rata-rata rajin mengkonsumsi biji gandum utuh.

Untuk mendapatkan khasiat biji gamdum untuk manusia, juga banyak yang menambahkan biji gandum ini dalam olahan sandwich, roti manis isi, pizza, dan juga dapat digunakan untuk membuat bubur gandum atau oatmeal atau sejenisnya. Gandum yang merupakan sumber karbohidrat kompleks yang sangat baik untuk system pencernaan manusia yang membuat pencernaan lebih lama dan efek kenyang juga menjadi lebih lama. Biji gandum juga bagus dijadikan sumber karbohidrat pengganti nasi yang mengandung zat besi dan kalisum serta jumlah glukosa yang rendah sehingga sangat cocok di konsumsi penderita diabetes. Kandungan zat besi dan kalsium di dalam gandum sangat bermanfaat bagi penyembuhan beberapa jenis penyakit seperti jantung koroner dan darah tinggi. Dengan ini, sarapan dengan khasiat biji gandum dapat emngruangi penumpukan lemak dalam tubuh dan sangat membantu bagi yang inign menurunkan berat badan.

Keistimewaan biji gandum

Khasiat biji gandum untuk manusia sangat melimpah. Biji gandum mempunyai keistimewaan tersendiri yaitu memperkuat otot saraf dan lambung dan juga sangat bersahabat dengan system pencernaan, dimana dapat menghaluskan feses manusia sehingga memudahkan untuk membuang air besar. Biji gandum juga berfungsi sebagai pembangkit ginjal dan menambah energy kala beraktivitas. Biji gandum sangat bagus bagi yang menjalankan diet karena seratnya yang tinggi dan membuat kenyang lebih lama.

Keistimewaannya yang lain, biji gandum ini sangat baik untuk kesehatan jantung anda. Mengkonsumsi bahan makanan yang terbuat dari campuran gandum secara rutin dapat menjaga jantung terhindar dari penyakit jantung. Serat yang terkandung dalam biji gandum ini juag memiliki khasiat mengikat kolesterol, lemak, dan asam empedu. Dengan begitu kolesterol akan selalu terkontrol dengan rutin mengkonsumsi makanan yang berbahan biji gandum sehingga mecegah timbulnya penyakit kolesterol. Karena biji gandum juga memiliki kandungan gula yang rendah, sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Biji gandum dikonsumsi dengan tujuan tetap memnuhi kebutuhan akan karbohidrat tanpa harus menambah gula darah bagi penderita diabetes.

Cara mengolah biji gandum

Untuk memperoleh khasiat biji gandum untuk manusia secara keseluruhan, juga harus diketahui cara pengolahannya yang benar. Bagian luar atau dalam biji gandum direndam dengan air 29 gram selama 30 menit lalu di saring, air saringannya dapat sebagai pelunak, minuman, makanan, bahkan pelembab kulit. Menggunakan kadar yang sama antara biji gandum yang dimasak dengan 3liter air di atas api sedang selama 3jam dapat diaikan sebagai makanan.

Proses pengolahan lainnya yang bermanfaat seperti tepung gandum yang dicampur dengan cuka bermanfaat untuk sakit pundak. Gandum masak juga dapat digunakan sebagai obet kumur. Jika hanya meminum air gandum itu bisa membuat kantuk maka sebaiknya di campur dengan sayuran-sayuran segar. Tepung gandum juga bermanfaat untuk mengobati radang kulit.

Comments

Title Post: Khasiat Biji Gandum untuk Manusia
Rating: 100% based on 999998 ratings. 98 user reviews.
Author: Borneo08

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...