Spray Drying Untuk Membuat Makanan Serbuk

Posted on | September 2, 2012 | No Comments

Spray drying merupakan sebuah teknologi yang digunakan perusahaan besar dalam proses pembuatan makanan maupun minuman serbuk. Teknologi ini memamfaatkan kemampuan semprot alat yang mengubah bahan dasar makanan zairan menjadi serbuk kering. Maraknya di zaman sekarang banyak di temukan makanan dalam bentuk serbuk karena kemajuan teknologi spary dring untuk membuat makanan tersebut tersebut. Makanan serbuk atau bisa dinamakan makanan bubuk instan ini adalah produk pangan yang berbentuk butiran-butiran. Penggunaannya dapat melarutkan butiran-butiran tersebut dalam air, bisa dalam bentuk air panas maupun iair dingin.

Selain digunakan untuk membuat makanan serbuk, spray drying juga banyak digunakan untuk membuat obat-obatan, vitamin, mineral, asam lemak, dan protein. Spay drying juga mampu membuat senyawa fitokimia sehingga mampu mengkapsulkan probiotik yang sangat baik bagi system pencernaan manusia. Alat semprot yang biasa digunakan perusahaan besar dalam spray drying untuk membuat makanan serbuk di namakan spray dryer.

Keuntungan penggunaan spray drying

Spray drying untuk membuat makanan serbuk juga memilki banyak keuntungan seperti spray dryer dapat menghasilkan produk yang bermutu tinggi, berkualitas, serta tingkat kerusakan gizi yang rendah. Selain itu, spay dryer juga dapat meminimalisir perubahan warna, bau, dan rasa pada makanan. Hal ini terjadi karena spray dryer dapat mengeluarkan suhu yang relative rendah dan proses pegeringan bahan makanan dalam bentuk bubuk atau serbuk terjadi sangat cepat. Umumnya prosuk yang dikeluarkan dari spary dryer ini bersuhu antara 70-90 derajat celcius. Sehingga membawa keuntungan bagi perusahaan yang meproduksi berbagai jenis produk instan yang mudah mengalami kerusakan (denaturasi).

Dengan teknologi spray drying untuk membuat makanan serbuk dapat meminimalisir resiko kerusakan dari produk yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan mudah rusak bila suhu terlalu panas atau terkena suhu ruang panas dalam waktu yang lama. Maka dari itu bahan-bahan yang mudah mengalami kerusakan seperti susu, sari buah, hingga probiotik dapat tetap mempunyai kualitas baik jika dip roses dengan mesin spray dryer.

Kerugian penggunaan spray drying

Dalam proses spray drying untuk membuat makanan serbuk yang berkualitas juga terdapat beberapa hambatan seperti harga dan biaya operasional yang cukup menguras kantong oleh karena itu, teknologi spray drying jarang digunakan untuk industry menengah dan industry kecil. Umumnya proses pengolalan makanan serbuk yang dilakukan industry yang tengah berkembang dalam proses pembentukan serbuk instan dilakukan dengan kristalisasi.

Dikarenakan proses kristalisasi yang cukup sederhana dan biaya operasioal yang tidak terlau mahal. Prinsip kerja dalam kristalisasi memanfaatkan sifat glukosa di dalam gula pasir. Bisa juga bahan lain yang mengandung gula yang dapat kembali membentuk Kristal setelah dicairkan. Proses kristalisasi yang paling sederhana adalah dengan pemasakan dan pengadukan manual di wadah di atas api hingga mengental dan mengkristal. Tapi hasil prosuk yang dihasilkan dengan kristalisasi masih memilki kualitas yang renda dibandingkan dengan proses spray drying untuk membuat makanan serbuk.

Prinsip kerja spray dryer

Dalam proses spray drying untuk membuat makanan serbuk mamiliki prisip kerja di mana dengan menyemprotkan cairan melalui otomizer dan cairan tersebut akan melewati ke dalam aliran gas panas dalam sebuah tabung. Sehingga air tetesan bisa menguap dengan sangat cepat dan yang tertinggal hanyalha seruk atau bubuk dari makanan maupun minuman yang diproses dengan kadar air yang sangat rendah dan dengan kualitas gizi yang masih bagus terjaga.

Langkah selanjutnya dalam proses spray drying untuk membuat makanan serbuk, adalah memisahkan sejumlah udara yang mengangkutnya yang di lakukan oleh separator atau kolektor serbuk. Hasil produk spray dryer ini sangat tergantung pada kekentalan larutan atau bahan, jenis bahan, suhu larutan, hingga kecepatan aliran larutan dalam menghailkan produk makanan serbuk yang berkualitas tinggi. Perlu juga di lakukan penyesuaian terhadap bahan yang akan dimasukkan sebelum diproses dalam spray dryer. Jika ada bahan yang menggandung konsentrat gula yang tinggi, mempunyai ukuran partikel yang relative besar, ukuran partikel yang tidak seragam, larutan yang terlalu kental dipastikan akan membuat produk dalam spray drying untuk membuat makanan serbuk yang dihasilkan kurang memuaskan.

Comments

Title Post: Spray Drying Untuk Membuat Makanan Serbuk
Rating: 100% based on 999998 ratings. 98 user reviews.
Author: Borneo08

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...