Menyembuhkan Sakit Tenggorokan dengan Cara Alami

Sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh banyak hal. Di antara penyebab sakit tenggorokan adalah karena penggunaan pita suara yang berlebihan. Berteriak sekencang-kencangnya, berbicara dengan nada tinggi dalam waktu yang agak lama, dan keadaan cuaca, dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Menyembuhkan sakit tenggorokan bisa dengan minum obat-obatan kimia maupun dengan cara alami.

Obat kimia

Sakit tenggorokan, apalagi yang disertai dengan batuk, pilek, dan demam, seringkali dianggap sebagai akibat dari virus. Pemakaian antibiotik dalam hal ini kuranglah tepat karena antibiotik tak bisa membunuh virus. Yang ada malahan tubuh akan kebal terhadap kuman. Untuk mengetahui sakit tenggorokan disebabkan virus atau bukan, biarkan dulu beberapa hari.

Bila sakit tenggorokan berkurang karena disertai makan makanan yang bergizi, terutama yang mengandung protein tinggi serta istirahat yang cukup, itu artinya sakit tenggorokan bukan disebabkan oleh virus. Minum vitamin, habbatussaudah, dan minyak ikan, dapat juga meningkatkan imun tubuh sehingga efek sakit tengggorokan tidak terlalu parah.

Obat Alami untuk Sakit Tenggorokan

Bila tenggorokan sudah terasa sakit, analisislah terlebih dahulu penyebabnya. Bila penyebabnya karena teriak-teriak atau berbicara terlalu keras dalam waktu agak lama, obatnya adalah istirahat berbicara atau berbicaralah dengan nada rendah. Kumur-kumur dengan rebusan daun sirih dapat membuat radang atau sakit tenggorokan ini berkurang.

Kalau mau dan mempunyai keberanian sedikit, minumlah rebusan daun sirih tersebut. Caranya, ambil 7 helai daun sirih, rebus selama 5 menit saja. Campur dengan madu atau gula aren kalau tak tahan rasa pahitnya. Minumlah beberapa cangkir selama dua hari. Biasanya, setelah minum 3 gelas, tenggorokan sudah terasa lebih enak.

Untuk obat yang tidak terlalu pahit seperti rebusan daun sirih, minumlah air hangat dengan madu dan jus timun atau wortel yang bisa menurunkan panas dalam. Bila perlu, minumlah air rebusan kacang hijau yang belum pecah yang dicampur dengan gula aren atau gula merah. Lakukan hal ini dalam dua hari. Biasanya, tidak sampai dua hari, tenggorokan sudah terasa normal kembali.

Sakit Tenggorokan yang Disertai Batuk atau Pilek

Bila sakit tenggorokan akibat pilek atau batuk, sembuhkan batuk dan pileknya dengan cara meningkatkan imun tubuh. Minum susu hangat atau teh hijau hangat, sup ayam kampung dengan jahe, bawang putih, wortel dan parutan kentang. Menu tersebut akan membuat tubuh hangat dan bertenaga. Setelah tubuh terasa segar tapi tenggorokan masih juga sakit, minumlah madu asli atau madu Arab yang mempunyai kekentalan lebih dari madu biasa.

Minum jeruk nipis dan kecap asin juga dipercaya dapat menyembuhkan sakit tenggorokan, terutama yang disertai batuk. Bagi seorang penyanyi, MC, dan pembicara publik lainnya, kualitas pita suara adalah modal yang sangat penting dalam menunjang bisnis dan kariernya. Oleh karena itu, menghindari penyebab sakit tenggorokan jauh lebih baik daripada mengobatinya.

Peliculas Online

Title Post: Menyembuhkan Sakit Tenggorokan dengan Cara Alami
Rating: 100% based on 999998 ratings. 98 user reviews.
Author: Borneo08

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...